Sejarah Pendirian BQSR

  1. SEJARAH BAIT QURANY SALEH RAHMANY BANDA ACEH

 

Yayasan Bait Qurany Saleh Rahmany (BQSR) didirikan pada tahun 2009 memanfaatkan rumah Bapak Rahimahullah Saleh Rahmany di Jalan Prof A. Majid Ibrahim II No 12 Blangpadang Banda Aceh untuk tempat mengaji Al Qur’an (awalnya).  Namun ketika respon masyarakat demikian besar maka yayasan mewadahinya dengan membangun dan memenuhi persyaratan sekolah KB dan TK serta TPA. Menjadi harapan keluarga agar kegiatan sekolah di rumah ini menjadi amal jariah yang pahalanya terus mengalir kepada Bapak, Ibu dan putera puteri, cucu, keluarga dan semua yang terlibat dalam proses belajar dan mengajarkan Al Qur’an tersebut.

Niat yang kuat dari keluarga besar Saleh Rahmany, menjadi kekuatan untuk mulai mensosialisasikan metode Bait Qur’any di Banda Aceh pada bulan April 2009 di UIN Ar-Raniry atas dukungan dari DR. Zaki Fuad Chalil yang bertugas sebagai dosen di UIN selaku penyelenggara. Workshop Bait Qur’any tersebut mendapat sambutan baik dari masyarakat Banda Aceh yang terbukti dengan semakin meningkatnya minat orang tua untuk menyekolahkan anaknya di Bait Qurany Saleh Rahmany. Pembelajaran Bait Qurany Banda Aceh dimulai pada 09 Juli 2009 dengan Akta lembaga nomor 24 Tanggal 12 Juni 2009 yang didirikan oleh Dr. Fauziah, Drg. Fatma Mutia dan Faizawati. Pada tahun 2010 Lembaga Bait Qurany Saleh Rahmany berganti nama menjadi Yayasan Bait Qurany Saleh Rahmany dengan Akta Yayasan nomor 3 Tanggal 20 Oktober 2010 dengan Susunan Pembina, Pengurus dan Perngawas sebagai berikut :

  1. Pembina :  Fauziah
  2. Pengurus :

Ketua          :  Drg. Fatma Mutia

Sekretaris    :  Farida Saleh

Bendahara   : Faizawati Saleh

  1. Pengawas :

Ketua          : DR. Zaki Fuad Chalil. M.Ag

Anggota      : Farid Saleh

 

Salah satu pendiri dari yayasan ini yaitu Dr.Fauziah yang berprofesi sebagai dokter spesialis mata pada tanggal 8 Juli 2015 meninggal dunia di Rumah Sakit Medistra Jakarta sehingga struktur yayasan mengalami perubahan menjadi Akta Pernyataan Keputusan Rapat Pembina Yayasan nomor 01 Tanggal 4 April 2016 dengan Susunan Pembina, Pengurus dan Perngawas sebagai berikut:

  1. Pembina :

Ketua         : Agus Gunaedi Pribadi

Anggota     : Prof.Al Yasa’ Abubakar. MA

: DR. Aslam Nur. MA

: Farida Saleh

: Drg. Fatma Mutia

  1. Pengurus :

Ketua         :  DR. Zaki Fuad Chalil.M.Ag

Sekretaris   :  Malahayati.SP

Bendahara  :  Faizawati Saleh & Eva Arafah. SE

  1. Pengawas :

Ketua         :  Drs. Azhar Fuady Azuddin

Anggota     :  Fahrul Razi

:  Harliza Keumala Fuady

:  Aditya Rahman

:  Sarawita Hijri Fuady

:  Miranda Andina, S.H

 

Alhamdulillah, Pada tahun 2015 Yayasan BQSR mulai membangun sekolah di atas tanah seluas 2.627 meter persegi di Jln. Prof. A. Majid Ibrahim I Merduati Banda Aceh yang dibeli oleh Rahimahullah Dr. Fauziah Saleh Rahmany senilai Rp. 4.799.400.000 dari  Bapak Azhar Ahmad dan diwakafkan (No. Sertifikat 0008) dengan dukungan para donatur dan doa para wali murid. Pada tahun ajaran 2017/2018 kegiatan belajar dan mengajar KB/TK telah dapat dilaksanakan di gedung baru dan pada tanggal 04 Juli 2017, Madrasah Ibtidaiyah/MI BQSR berdiri dan memulai pelajaran di lantai II gedung tersebut. Semoga harta, tenaga, buah pikiran dan jerih payah yang diamalkan untuk pembangunan  sekolah BQSR  menjadi amal jariah yang pahalanya mengalir terus.

Kerjasama sekolah (BQSR) dengan orang tua/walimurid diwadahi bersama komite sekolah dalam mengadakan pengajian khususnya  tahsin Al Qur’an yang dipandu oleh staff pengajar BQSR. Pengajian tahsin berupa materi tentang pembelajaran anak-anak di sekolah. Beberapa dengan tujuan agar orang tua paham bimbingan apa yang perlu dilakukan terhadap anaknya di rumah.

 

 

  1. Karakteristik KB/TK/MI/TPA Bait Qurany Saleh Rahmany

 

Kurikulum KB/TK/MI dibangun dengan berpedoman sesuai tuntunan yang berasal dari hadis shahih. Proses pembelajran berlangsung melalui aktifitas anak di sekolah yang dibimbing oleh guru dan di rumah dibimbing oleh orang tua. Pekerjaan rumah yang diberikan guru dikontrol oleh orang tua di rumah sehingga pembekalan kepada anak menjadi sinergis yang sangat menunjang kemajuan belajar anak didik khususnya terhadap upaya pembentukan kepribadian/karakter dan pemikiran Islam serta saintek dengan cara sambil bermain meraih pelajaran dalam suasana yang menyenangkan masing-masing memiliki program sebagai berikut:

Bait Qurany Saleh Rahmany (BQSR) adalah Sekolah Taman Kanak-Kanak dan rumah belajar yang dijadikan pusat kajian al-Qur’an. Kajian Qur’an yang  di maksud yaitu proses pembelajaran membaca al-Qur’an, menghafal, terjemah dan tafsir al-Qur’an pada anak sejak dini dengan metode yang disesuaikan dengan usia perkembangan anak yang bertujuan membentuk kepribadian dan pemikiran Islam pada diri anak yang berlangsung di rumah dan di sekolah.

Gambaran pembelajaran pada Bait Qurany sepintas terlihat sulit diaplikasikan pada setiap keluarga muslim, karena tidak semua orang tua dalam keluarga muslim seorang hafizh dan hafizhah atau memahami ilmu Al-Qur’an seperti terjemah dan tafsir. Kehadiran Bait Qurany akan mengajak keluarga muslim untuk memahami metode menghafal, menterjemah dan menafsirkan Al-Qur’an yang sangat bisa dilakukan oleh orang tua, walaupun tidak hafal Qur’an dan kurang menguasai ilmu Al-Qur’an. Alhamdulillah di PAUD/TK BQSR untuk proses pembelajaran BQSR bekerja sama dengan komite sekolah untuk mengadakan pengajian khususnya belajar tahsin Alquran yang dipandu oleh staff pengajar BQSR. Dimana pengajian tahsin ini berisi beberapa materi yang terkait dengan pembelajaran anak-anak disekolah, agar orang tua lebih memahami bagaimana membimbing anak untuk menghafal Alquran di rumah.

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *